Berita, Wisata, Seni dan Budaya

Selamat Datang di Myndhara Wisata...sebagai Informasi Berita, Wisata,Seni dan Budaya khususnya Indonesia dan bagi anda yang memiliki pengalaman dalam kunjungan wisata, dapat mengirimnya ke email: myndhara@gmail.com




Headline News

Pesona Pantai Indonesia

13 Oktober 2015

KARAPAN SAPI MADURA 25 Oktober 2015

Tahun ini Karapan Sapi Madura 2015 dimeriahkan kembali dengan Grand Final Festival Sapi Sonok yang diselenggarakan pada 25 Oktober di Stadion R. Soenarto Hadiwidjojo, Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur.
Mulai dari Agustus lalu, acara kualifikasi Piala Presiden ini telah diselenggarakan di beberapa kabupaten di seluruh Pulau Madura seperti
Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep.

Sapi yang dilombakan dalam karapan merupakan sapi jantan, sedangkan dalam kontes sapi sonok adalah sapi betina. Festival Sonok Sapi merupakan bagian yang unik dari perayaan Karapan Sapi Madura 2015. Dalam Festival Sonok Sapi, hewan tersebut dihias cantik dengan aksesoris gemerlapan.

Untuk mempersiapkan sepasang sapi sonok, biasanya pemilik sapi harus merogoh kocek lebih dalam. Sebab, aksesoris yang dibutuhkan seperti mahkota perak atau sepuhan emas memiliki harga yang melambung.

Ada pula yang melengkapinya dengan rompi manik-manik dan rangkaian bunga melati. Karapan sapi merupakan perlombaan pacuan sapi dari Madura, acara ini diselenggarakan setiap tahun dan diwarisi secara turun-temurun. Ini adalah simbol kebanggaan bagi masyarakat Madura karena sapi yang digunakan untuk pertandingan pun merupakan sapi-sapi berkualitas baik dengan perlakuan yang istimewa pula.

Dalam perayaan karapan sapi ini, para pemilik sapi akan memperebutkan hadiah taruhan. Perayaan besar karapan sapi diselenggarakan sekali dalam setahun untuk Piala Presiden, sedangkan untuk Piala Bupati sebanyak dua kali dalam setahun.

Acara ini tidak hanya suguhan menarik bagi penonton karena menyaksikan adu ketangkasan sapi namun juga perlombaan yang dinanti-nanti para fotografer karena mengandung nilai artistik tinggi. Panjang rute lintasan karapan sapi antara 180-200 meter namun dapat ditempuh dalam waktu 14-18 detik. Bayangkan betapa cepatnya sapi-sapi tersebut berlari.(Indonesia travel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sobat! Komentar anda sangat berguna....