Berita, Wisata, Seni dan Budaya

Selamat Datang di Myndhara Wisata...sebagai Informasi Berita, Wisata,Seni dan Budaya khususnya Indonesia dan bagi anda yang memiliki pengalaman dalam kunjungan wisata, dapat mengirimnya ke email: myndhara@gmail.com




Headline News

Pesona Pantai Indonesia

27 Agustus 2015

Wisata Sejarah ke Candi Muara Takus

Riau- Candi Muara Takus adalah salah satu dari beberapa candi Budha yang berlokasi di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, sekitar 3 jam atau 135km dari kota Pekanbaru.
Candi Muara Takus berada di pinggir sungai Kampar,dengan bangunan candi yang berbentuk stupa yang ada kepala singa, mirip dengan stupa Budha yang ada di Myanmar,Vietnam maupun Srilanka.

Para Arkeolog belum memastikan kapan candi ini didirikan, tetapi mereka bersepakat candi ini berdiri pada
Kompleks candi ini dikelilingi tembok yang cukup luas, dan didalam kompleks ada juga arca singa, gajah pada pada puncak candi.

Konon, masyarakat setempat percaya bahwa Candi Muara Takus dibangun berdasarkan permintaan dari seorang putri yang berasal dari India yang dibawa oleh Datuk Tiga Ahli ke Muara Takus setelah berlayar dari India.
Di kalangan masyarakat setempat, Putri tersebut dikenal sebagai Putri Reno Wulan atau Putri Induk Dunia, dan sang putri tersebut rela dibawa ke Muara Takus dengan syarat dibuatkan Candi yang serupa dengan candi di tempat orangtuanya berasal, maka Candi Muara Takus mempunyai kemiripan dengan Candi Asoka di India.

Fenomena lain yang disaksikan sendiri oleh masyarakat sekitar yaitu adanya seekor gajah putih memimpin sekelompok gajah pada malam hari saat bulan purnama. Gajah-gajah tersebut mendatangi candi dan melakukan posisi seperti sujud abdi menyembah kepada junjungannya. Kemudian sekelompok gajah yang kurang lebih berjumlah 30 ekor tersebut mengelilingi Candi Muara Takus. Bila dihubungkan dengan mitologi Budha, gajah merupakan sebagai salah satu reinkarnasi Budha, dan juga sebagai simbol dan kendaraan seorang raja. Fenomena tersebut menandakan adanya kehidupan peradaban Budha di Riau pada masa lampau.

Jika anda ingin berkunjung ke Candi Muara Takus, jangan khawatir kalau tidak ada faslitasnya, karena disekitar Candi sudah banyak terdapat rumah makan, penginapan dan beberapa kios souvenir untuk oleh-oleh dari Candi Muara Takus.(rangkuman)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sobat! Komentar anda sangat berguna....