Berita, Wisata, Seni dan Budaya

Selamat Datang di Myndhara Wisata...sebagai Informasi Berita, Wisata,Seni dan Budaya khususnya Indonesia dan bagi anda yang memiliki pengalaman dalam kunjungan wisata, dapat mengirimnya ke email: myndhara@gmail.com

Headline News

Pesona Pantai Indonesia

4 Agustus 2015

Pesona Curug Ceheng di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

Banyumas- Selain pariwisata Baturaden yang menjadi andalan wisata Kabupaten Banyumas, dilereng Gunung Slamet terdapat curug-curug atau air terjun yang tidak kalah indahnya,salah satunya adalah Curug Ceheng yang bisa menjadi alternatif wisata apabila sedang berada di Kabupaten Banyumas.

Curug Ceheng berada di tengah-tengah hutan dan perkebunan di lereng tenggara Gunung Slamet,yang menjadikan curug ini berhawa sejuk, curug ceheng juga salah satu bagian dari aliran Kali Pelus yang mengalir sampai ke Sumbang dan Sokaraja. Bentuk alami dari curug ini sangat eksotis, berbentuk setengah lingkaran dengan tumbuhan hijau yang menghiasi bebatuan disekitarnya dan air terjun tunggal sekitar 13 meter yang mengalir cukup deras, Dengan sebuah kolam yang warna airnya kehijauan dan tidak begitu luas. Terkadang adanya hewan asli pegunungan yang berwujud Kelelawar terbang disekitar air terjun. Disarankan jangan terjun dari atas air terjun ataupun berenang ke tengah atau bawah air terjun, karena kedalaman kolam dibawah air terjun ini sekitar 6 meter atau lebih, tetapi jikalau pengunjung ingin bermain air, bisa di pinggir kolam ataupun sungai aliranya yang tergolong masih dangkal dan air nya tetap jernih dengan batuan besar yang menghiasinya.
Untuk menuju ke air terjun Curug Ceheng, dengan berjalan kaki dari tempat parkir diatas dengan melewati tangga sekitar 400 meter atau 10 sampai 15 menit perjalanan, yang ditemani pepohonan sepanjang perjalanan dan semak-semak hijau membentang. Anak tangga yang berkelok-kelok mengaharuskan pengunjung untuk berhati-hati. Di area curug ada beberapa gubug-gubug yang disediakan oleh pengelola untuk sekedar tempat istirahat dalam berjalan kaki dari atau menuju ke air terjun. Akses Menuju Lokasi Untuk menuju ke Curug Ceheng, tidak terlalu sulit, Jika anda berangkat dari arah Purwokerto dengan kendaraan pribadi langsung ambil jalur ke arah Sumbang dengan melewati kawasan wisata Baturaden, ada dua jurusan dapat ditempuh, melalui Dukuh Waluh atau Jalan HR Bunyamin. Setelah melewati Baturaden dan sampai di pertigaan Pabuaran, ambil belokan ke kanan ke arah sumbang. Selanjutnya belok ke kiri ke arah Limpakuwus. Kondisi jalan ke curug ini sudah beraspal dan lumayan bagus dengan jarak tempuh sekitar 15 km. Dan jika masuk dari Purbalingga bisa lewat Padamara hingga sampai di Sumbang, selanjutnya tinggal lurus ke utara. Bagi yang menggunakan kendaran umum dapat naik angkutan pedesaan dari Sumbang dengan rute ke Limpakuwus. Fasilitas dan Akomodasi Tempat Wisata Curug Ceheng ini belum memiliki fasilitas yang lengkap, hanya ada area parkir yang cukup aman karena berada di dalam lokasi wisata, dan toilet yang berada di pintu masuk. Disarankan membawa perbekalan secukupnya, karena di area air terjun tidak ada penjual yang menjajakan makanan...Selamat berwisata !!!(JavaIndonesia)