Berita, Wisata, Seni dan Budaya

Selamat Datang di Myndhara Wisata...sebagai Informasi Berita, Wisata,Seni dan Budaya khususnya Indonesia dan bagi anda yang memiliki pengalaman dalam kunjungan wisata, dapat mengirimnya ke email: myndhara@gmail.com




Headline News

Pesona Pantai Indonesia

20 Agustus 2015

Kain Tenun Ikat NTT yang Memikat

Kupang-Tentunya anda sudah sering melihat Kain tenun ikat yang begitu memikat dari Nusa Tenggara Timur. Tapi tahukah anda bagaimana proses pembuatannya sampai dengan menjadi kain?
proses pembuatannya cukup memakan waktu ber bulan-bulan untuk satu helai kain tenun tradisional asli dari NTT yang disesuaikan dengan corak dan jenis benang yang digunakan.
NTT memiliki beberapa Kabupaten dan satu Kota yang dihuni 15 suku atau etnis tertentu dan memiliki adat dan budaya berbeda, terlihat dari corak dan motif tenunannya yang memiliki kreasi masing-masing.
Biasanya motif atau corak kain tenun diambil dari tokoh mitos, tumbuhan,binatang dan Alam sekitarnya.
Setiap Suku mengembangkan seni kerajinan tangan turun temurun kepada anak,cucu mereka, karena kaintenun di NTT sangat berarti dan tinggi nilainya yang memiliki fungsi sebagai pakaian sehari-hari, untuk tarian, upacara adat, alat tukar pengganti uang, perlambang tingkat sosial seseorang, penghargaan untuk tamu, bahkan untuk menolak bencan
Jenis kain Tenun NTT seperti; Tenun ikat, Tenun Buna dan Tenun Sotis.
 
Tenun Ikat
Untuk proses pembuatan tenun ikat sedikit berbeda dengan daerah lain , karena pembentukan motifnya dengan cara pengikatan benang-benang dengan memasukkan benang melintang pada benang lungsin pada saat menenunnya.
Kain tenun ikat banyak ditemukan di NTT.


Tenun buna
Tenun buna banyak terdapat di Kabupaten Kupang tepatnya di Belu, Timor tengah bagian selatan dan Utara.

Proses pembuatannya dengan mewarnai benang, selanjutnya benang yang sudah berwarna dibuat membentuk motif yang berbeda pada kain.
Tenun lotis atau sotis
Tenun ini perpaduan dari gaya sulam mirip dengan songket dan prosesnya mirip dengan tenun buna yang mewarnai benang terlebih dahulu.
Pengerjaan tenun lotis atau sotis ini dilakukan bersamaan yaitu menenun dan menyulam beberapa motif dengan gaya sulam timbul.

Tenun ini paling sulit proses pembuatannya sehingga membutuhkan waktu cukup lama, maka harganya lebih mahal.
Tenun ini banyak terdapat di Kupang, Timor Tengah bagian selatan, Timor Tengah utara, Belu, Alor, Flores Timur, Lembata, Sikka, Ngada, Manggarai, Sumba Timur, dan Sumba Barat.

Saat ini banyak Desainer yang membuat busana ,tas,sepatu dan barang kerajinan lainnya dari  tenun NTT, dengan berbagai motif  dan warna yang memikat hati.(NTTinfo)








a.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sobat! Komentar anda sangat berguna....