Berita, Wisata, Seni dan Budaya

Selamat Datang di Myndhara Wisata...sebagai Informasi Berita, Wisata,Seni dan Budaya khususnya Indonesia dan bagi anda yang memiliki pengalaman dalam kunjungan wisata, dapat mengirimnya ke email: myndhara@gmail.com




Headline News

Pesona Pantai Indonesia

4 September 2010

Warga Bengkulu Khawatir Gempa Susulan

Bengkulu: Warga masyarakat Bengkulu, khususnya di sejumlah desa Kabupaten Bengkulu Utara, masih trauma dan khawatir gempa susulan setelah 6,0 Skala Richter mengguncang daerah ini pada Sabtu dini hari sekitar pukul 00.06 WIB.

"Kami sampai sekarang belum berani masuk rumah setelah getaran gempa besar tadi, karena masih teringat pristiwa gempa berkekuatan 7,9 SR yang memprokporandakan Bengkulu pada 2007," kata Antoni (54), salah seorang warga Bengkulu Utara, Sabtu (4/9).


Ia mengatakan begitu ada guncangan membuatnya langsung memboyong anak-anaknya keluar rumah.
Setelah guncangan gempa itu banyak warga tidak tidur lagi sambil menunggu sahur dan bahkan ada warga setempat mebuat api unggun di depan rumahnya.

Sambil menunggu sahur warga setempat main gaplek dan ada juga main meriam bambu atau petasan, karena sebagian besar mereka terkejut guncangan gempa tersebut.

Saat gempa besar berskala 7,9 SR melanda Bengkulu pada 2007 puluhan desa dan rumah penduduk porak poranda di kabupaten itu antara lain di Kecamatan Kerkap dan Kecamatan Lais, bahkan ada korban jiwa ditimpa reruntuhan rumah, ujar Antoni.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Pulau Bai Bengkulu Fahmiza ketika dihubungi mengatakan, gempa 6,0 SR itu tidak berpotensi tsunami.

Lokasinya berada pada 3.76 Lintang Selatan (LS) dan 101.81 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 28 Km yang berpusat 36 Km barat daya Lais atau 46 Km Padang Betuah Kabupaten Bengkulu Utara.

Bengkulu pernah dua kali diguncang gempa besar yakni pada 2000 dengan kekuatan 7,3 SR dan 7,9 SR pada 2007 merobohkan ribuan rumah penduduk, menelan puluhan korban jiwa, dan mengalami kerugian mencapai ratusan miliar rupiah.(Metrotvnews.com/Ant/RIZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sobat! Komentar anda sangat berguna....