Berita, Wisata, Seni dan Budaya

Selamat Datang di Myndhara Wisata...sebagai Informasi Berita, Wisata,Seni dan Budaya khususnya Indonesia dan bagi anda yang memiliki pengalaman dalam kunjungan wisata, dapat mengirimnya ke email: myndhara@gmail.com




Headline News

Pesona Pantai Indonesia

26 Agustus 2010

Qory Dikecam Karena Tak Fasih Berbahasa Inggris

Metrotvnews.com, Las Vegas: Wakil dari Indonesia dalam ajang Miss Universe 2010, Qory Sandioriva, gagal meraih mahkota ratu sejagat. Namun, bukan hanya itu yang menjadi kekecewaan warga Indonesia.

Rekaman video Youtube yang menampilkan Qory tak fasih berbahasa Inggris dalam sesi wawancara menuai banyak kecaman. Bahkan, banyak pihak  mengusulkan agar Qory tetap menggunakan bahasa Indonesia dan memakai jasa penerjemah.



Dalam video Youtube itu menunjukkan babak penyisihan dalam kontes kecantikan Miss Universe 2010 yang dilakukan Putri Indonesia Qory Sandioriva. Karena rekaman video inilah Qory mendapat banyak kecaman keras. Karena Qory tampak tidak lancar menjawab pertanyaan menggunakan bahasa Inggris.

Ratusan komentar menilai Qory tak layak mewakili Indonesia dalam lomba kecantikan internasional Miss Universe. Karena seharusnya yang menjadi penilaian adalah brain, beauty and behaviour atau kecantikan, kecerdasan dan kepribadian. Namun, ada juga yang menilai Qory hanya gugup.

Terlepas dari ini semua, Qory sendiri telah meminta maaf kepada bangsa Indonesia karena kegagalannya meraih mahkota ratu sejagat tahun ini. Di antara beragam komentar yang ditujukan pada Qory ada komentar bijak yang berharap Qory bisa lebih banyak belajar dari pengalaman ini.

Tidak fasih berbahasa Inggris sebetulnya tidak hanya ditunjukkan oleh Putri Indonesia Qory Sandioriva. Nadine Chandrawinata juga pernah melakukan hal yang sama pada pemilihan Miss Universe tahun 2006.

"Indonesia is a beatiful city" yang diucapkan Nadine mengejutkan banyak orang. Apalagi, Nadine diketahui blasteran Jerman-Indonesia yang tentu saja diharapkan dapat berbahasa Inggris dengan baik.

Pengalaman Nadine dan Qory mengundang pertanyaan banyak orang. Mengapa mereka tidak memilih menggunakan bahasa Indonesia saja? Karena tidak semua peserta Miss Universe bisa berbahasa Inggris. Lihat saja Miss Meksiko yang terpilih sebagai Miss Universe 2010.

Bahkan, dalam sesi wawancara pun Miss Meksiko Jemina Navarette menggunakan jasa penerjemah. Apakah bangsa kita tidak cukup bangga untuk menggunakan bahasa Indonesia di ajang internasional? Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar bisa jadi akan lebih mengagumkan karena lebih akan menunjukkan identitas bangsa Indonesia.[DOR/md]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sobat! Komentar anda sangat berguna....