Berita, Wisata, Seni dan Budaya

Selamat Datang di Myndhara Wisata...sebagai Informasi Berita, Wisata,Seni dan Budaya khususnya Indonesia dan bagi anda yang memiliki pengalaman dalam kunjungan wisata, dapat mengirimnya ke email: myndhara@gmail.com




Headline News

Pesona Pantai Indonesia

25 Agustus 2010

Danau Toba Potensial Pengembangan Wisata Bahari

Samosir, Sumut, 25/8 (ANTARA) – Kadis Pariwisata Samosir, Melani Butarbutar, Rabu, mengatakan, kawasan Danau Toba menyimpan potensi untuk pengembangan wisata bahari.
Sedangkan daratan Pulau Samosir dan pegunungan sekitarnya, potensial dikembangkan menjadi wisata alam, agro wisata dan wisata seni budaya.
Ia mengungkapkan, alam yang indah dan kekayaan budaya yang dimiliki kabupaten Samosir, cukup menjanjikan untuk menawarkan berbagai daya tarik wisata yang layak dikembangkan menjadi obyek wisata. Karena, sebagian besar kabupaten ini dikelilingi perairan Danau Toba.

“Banyak benda budaya dan situs sejarah serta atraksi seni yang unik, turun temurun tersimpan di daerah ini,” kata Melani.

“Daya tarik wisata bersifat tangible (berwujud) seperti, museum dan situs serta panorama alam, dengan mudah dapat dijumpai. Juga, yang sifatnya intangible (tidak berwujud) seperti sejarah dan budaya masyarakat tradisional serta event budaya yang menjadi peristiwa pariwisata,” lanjutnya.

Sesungguhnya, kata Melani, kawasan danau Toba dan Samosir, sudah lama dikenal wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Perkembangannya, diperkirakan sejak tahun 70-an. Semuanya, dikarenakan keindahan alam dan keunikan adat istiadat khas, serta budaya Batak.

Hal paling menarik, lanjutnya lagi, legenda terjadinya Danau Toba. Juga, keberadaan Pusuk Buhit, sebagai tempat asal leluhur Si Raja Batak. Selain itu, peristiwa geografis/geologis terjadinya danau yang menjadi salah satu keajaiban dunia ini.

Untuk pembangunan kepariwisataan, Pemkab Samosir telah menerbitkan rencana induk pengembangannya, serta detail enginering design kawasan air panas / aek rangat Pangururan. Kawasan Pusuk Buhit, diusulkan menjadi kawasan Cagar Budaya.
Diakuinya, beberapa tahun terakhir, kunjungan wisatawan ke kawasan ini mengalami penurunan yang sangat signifikan. Hal ini disebabkan krisis multi dimensi yang terjadi di kawasan Asia dan Pasifik khususnya di Asia tenggara, sehingga merubah pola perjalanan wisatawan yang beralih kekawasan Eropa dan Amerika.

Lebih jauh Melani menerangkan, guna mencermati besarnya potensi budaya dan panorama alam yang indah, sejak tahun 2004 ditetapkan visi Kabupaten Samosir menjadi Kabupaten Pariwisata 2010 yang indah, aman dan berbudaya dengan agribisnis berbasis lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Samosir bersama pemangku kepentingan untuk membangun daerah ini menjadi objek/tujuan wisata. Di antaranya, pembangunan sarana pariwisata, perbaikan aksesibilitas. “Namun, hingga kini, belum menunjukkan hasil seperti yang diharapkan,” kata Melani.[md]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sobat! Komentar anda sangat berguna....